Herba UNJ

gravatar

Perubahan yang benar

Perubahan adalah suatu kepastian yang tak bisa di hindari
bagi setiap makhluk hidup, bagaimana perubahan yang dialami seorang anak manusia, hal itu juga dialami oleh makhluk lain.
hal ini menunjukkan bahwasanya perubahan adalah sebuah keniscayaan yang
tak bisa ditunda ataupun dihindari jika memang sudah pada waktunya.

perubahan bukanlah kata sifat atapun kata benda, melainkan perubahan merupakan kata kerja. dalam berbagai kasus lain, perubahan sering di identikkan dg pemberontakan. seperti che guevara dan fidel castro yang melakukan revolusi pada kuba, yang pada
niatnya adalah ingin merubah kondisi negaranya maka mereka disebut pemberontak oleh mereka yg dalam status quo dan hingga sekarang fidel casro pun masih berkuasa. dalam kasus lain seperti di indonesia dalam kasus kenegaraan yakni yang sering identik dg perubahan adalah gerakan reformasi, tujuan sama tapi cara tak sama dengan revolusi
namun intinya reformasi yang digalang oleh para mahasiswa yang katanya disebut sebagai iron stock dan agent of changes, adalah gerakan yang didasari keinginan keluar dari kesewenangan orde baru yg berkuasa saat itu.





pada dasarnya perubahan merupakan perbuatan yg terlahir dari ketidakpuasan, kejenuhan, dan keinginan untuk
mendapatkan yang lebih baik, namun seringkali perubahan itu benar2 menjadi kebablasan atau justru berubah
menjadi tak berbentuk...
seperti reformasi indonesia di awal-awal masa presiden abdurrahman wahid,
dikarenakan adanya keinginan setiap pihak untuk mendapatkan perubahan yg scara bahasa.namun seringkali perubahan itu hilang scara maknawi dan hanya menjadi perubahan menuju kebebasan yang tak teratur. seperti halnya sebuah pohon/tanaman yang tidak dirawat dan diatur oleh pemiliknya, seringkali tanaman tsb tumbuh besar namun berantakan tak beraturan sehingga justru malah mengganggu sekitarnya, hal ini berbeda dengan tanaman yang diatur yang dirawat pemiliknya, seperti pohon bonsai
ataupun pohon-pohon hias lainnya sangatlah enak dan indah dipandang, bahkan tak jarang kita sering temui tanaman/pohon hias tsb diletakkan didalam rumah, sebuah perlakuan yg mungkin jarang untuk tanaman/pohon karena pada dasarnya tanaman terletak di alam luar.
begitulah analoginya, perubahan seringkali dijadikan pembenaran orang/kelompok tertentu untuk melakukan apa yang diinginkan sebebas-bebasnya tanpa memperdulikan hak oranglain pula. seharusnya tiap individu harus menyadari bahwasanya perubahan harus dilakukan, dan demi mendapatkan perubahan yang baik dan benar tanpa merugikan yg lain maka diperlukan seorang perawat atau penjaga atau pengatur perubahan kita.
dari analogi tersebut kita juga bisa menarik kesimpulan bahwasnya kita membutuhkan pembimbing, seperti halnya mahasiswa dg dosen PA(jika efektif) ataupun pemain dg pelatihnya, maka setiap kita yg ingin berubah dalam konteks yg benar haruslah mempunyai pembimbing,mentor dsb.
oleh karena itu, mulai dari sekarang kita berupaya melakukan perubahan serta diiringi konsultasi-konsultasi kepada orang-orang yg kita anggap bisa menjadi pembimbing perubahan kita dalam bidang-bidang tertentu.



Cari Blog Ini

Sponsor

Masukkan Code ini K1-AEBFA1-8 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com