Herba UNJ

gravatar

Resensi Buku The Secret (Rahasia Kepemimpinan)

Judul : The Secret Rahasia Kepemimpinan
Penulis : Ken Blanchard & Mark Miller
Penerbit : PT. Elex Media Komputindo
Hal: ix + 117
Peresensi : Yanuar Catur Pamungkas

Penasaran sekali awalnya ketika saya membaca judul buku ini, The Secret Rahasia Kepemimpinan kemudian di sadur bawah judul utama tertulis Apa Saja Yang Diketahui dan Dilakukan Para Pemimpin Besar. Dari judul tersebut sudah menjadi daya tarik tersendiri untuk membacanya ditambah ada kata sambutan dari John C. Maxwell yang merupakan tokoh motivator terkenal di Amerika Serikat yang berarti ini adalah buku rekomendasinya. Menariknya lagi buku ini menggunakan perumpamaan-perumpamaan sederhana yang mudah di mengerti untuk mengajarkan pelajaran-pelajaran berharga dalam kepemimpinan bagi siapapun dan dimanapun posisi kekuasaan, baik di perusahaan multinasional atau kelompok relawan lingkungan.




Debbie Brewster adalah seorang eksekutif kelompok kerja yang gagal. Dia mulai mengikuti program mentoring yang di adakan dari perusahaannya dan tanpa ia memilih ternyata ia mendapatkan seorang mentor-nya adalah Jeff Brown presiden perusahaan yang membantu dirinya menemukan rahasia para pemimpin besar.
Debbie memutuskan bahwa semua yang dia butuhkan adalah jawaban untuk satu pertanyaan, "Apa rahasia para pemimpin besar?" Dia yakin bahwa jika Jeff akan menjawab pertanyaannya, dia bisa menerapkan rahasia di kepemimpinan.
Selama 18 bulan Jeff menjelaskan kepada Debbie bahwa rahasia berakar pada sikap. Dia mengatakan bahwa dia harus bersedia untuk menjadi seorang pemimpin yang melayani, bukan pemimpin yang melayani diri sendiri. Rahasianya adalah bahwa semua pemimpin-pemimpin besar melayani.
Setelah Debbie mengetahui rahasia dia masih tidak tahu apa yang harus dilakukan selanjutnya. Jeff menjelaskan bahwa para pemimpin besar melayani dalam setidaknya lima cara. Mereka ...
SERVE
• See The Future ( Lihat dan membentuk masa depan )
• Engage and Develop others ( Melibatkan dan mengembangkan orang lain )
• Reinvent Continously ( Temukan kembali terus menerus )
• Value Results and Relationships ( Hargai hasil dan hubungan )
• Embody The Values (mewujudkan nilai-nilai )
Dari cerita tergambar setelah menerapkan SERVE itu secara perlahan hasilnya tim kerja Debbie menjadi yang tertinggi kinerjanya setelah sempat menjadi yang terburuk.
Pada akhirnya, Debbie memahami bahwa semua perubahan dan perbaikan adalah hasil dari pilihan yang dibuat sebagai pemimpin. Dia menyadari bahwa untuk SERVE adalah sebuah pilihan. Debbie memutuskan sekali dan untuk semua, ia tidak akan lagi menjadi pemimpin yang melayani diri sendiri, dia akan menjadi pemimpin yang melayani!


Cari Blog Ini

Sponsor

Masukkan Code ini K1-AEBFA1-8 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com