Herba UNJ

gravatar

THE TRUE LEADERSHIP

Oleh : Yanuar Catur Pamungkas

Kepemimpinan adalah suatu kebutuhan yang fitrah dirasakan seluruh makhluk. Setiap makhluk akan selalu membutuhkan pemimpin dalam menentukan arah hidupnya. Maka, tak ada alasan untuk menolak adanya pemimpin.



Tentunya dalam rangkaian proses kepemimpinan pasti ada dua unsur yaitu, pemimpin dan yang dipimpin. Menurut satria hadi lubis kepemimpinan itu diartikan sebagai kemampuan untuk mempengaruhi orang lain. Bagaimana Muhammad SAW berhasil menjadikan makkah sebagai negeri muslim yang beradab dan berakhlak dari kondisi sebelumnya yang berisikan masyarakat jahil yang penuh dengan kebathilan dan kemaksiatan, kemudian Presiden Soekarno yang ketika berbicara menginstruksikan para pemuda untuk berperang, maka semuanya dengan semangat tinggi melaksanakan seruan itu. Itulah kepemimpinan
Memimpin adalah kemampuan alamiah yang dimiliki setiap manusia sama halnya seperti ikan yang tak perlu diajarkan untuk berenang pemimpin pun seperti itu juga, yang jadi persoalan kenapa tidak semua orang mampu memimpin adalah faktor masalah psikis seseorang. Yaitu, Kepercayaan dirilah yang membuat seseorang berhasil memimpin atau tidak. Perubahan yang sangat fundamental saat pertama kali seseorang menjadi pemimpin adalah menjadi orang yang diperhatikan dari kondisi sebelumnya yang hanya memperhatikan. Pemimpin adalah orang yang harus senantiasa memberikan pengaruh-pengaruh, teladan, dan motivasi kepada yang dipimpinnya. Pemimpin adalah seseorang yang mempunyai kematangan berfikir, jadi konsepnya adalah pola fikir. Jika ada orang yang cukup dewasa dalam segi umur namun tidak mempunyai kematangan pola fikir dia tidak bisa disebut sebagai pemimpin dan sebaliknya jika seseorang dalam segi umur belum dewasa namun mempunyai konsep berfikir yang matang dan luas maka dia layak menjadi pemimpin.
Kondisi suatu kelompok atau organisasi cenderung bercermin pada seorang pemimpinnya bukan pada segelintir bawahannya. Orang akan lebih melihat kecenderungan pemimpinnya terlebih dahulu sebelum melihat ke para anggotanya. Maka seorang pemimpin seharusnya mempunyai integritas yang tinggi dalam materi yang penulis dapatkan seorang pemimpin harus mempunyai tiga aspek dasar antara lain kemauan untuk merubah, pengetahuan bagaimana cara berubah dan kemampuan untuk merubah. Selain itu yang harus dimiliki dalam jiwa pemimpin adalah optimis, menyukai perubahan, berani terhadap resiko, berdedikasi, katalistis dan ulet.
“Sesungguhnya Setiap kita adalah pemimpin dan dari kepemimpinan itu akan dimintai pertanggungjawabannya.” ( Muhammad SAW )
sekarang siapkah anda menjadi pemimpin????
Semua tergantung kepada cara anda memandang kepemimpinan tersebut.
Yakinlah anda pasti bisa menjadi pemimpin dalam ligkup sekecil apapun anda adalah pemimpin. Wallohu’alam bish showab



Cari Blog Ini

Sponsor

Masukkan Code ini K1-AEBFA1-8 untuk berbelanja di KutuKutuBuku.com